Bunker Balaikota Solo Untuk Pencatatan Perkawinan

SOLO, KRJOGJA.com – Bunker kuno di kompleks Balaikota yang ditemukan tahun 2012 silam, akan dimanfaatkan untuk ruang pencatatan perkawinan, pasca revitalisasi yang saat ini memasuki tahap lelang pekerjaan. 

Pemanfaatan bunker untuk ruang pecatatan perkawinan, terkait lokasi bangunan bawah tanah itu yang  berada dalam satu areal dengan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Bahkan diproyeksikan, bungker peninggalan zaman Belanda itu, menjadi etalase eksotik dan menyatu dengan kantor Disependukcapil.

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo di kantornya, Selasa (04/07/2017) mengungkapkan perkawainan bagi banyak orang menjadi titik sejarah tersendiri. Kalau saja hari bersejarah itu, ditorehkan dalam satu tempat yang juga bersejarah, dipastikan akan memberikan kenangan tak terlupakan. 

"Ini sebagai salah satu bentuk layanan kepada masyarakat, jika memang menghendaki tempat eksotik bagi pencatatan perkawinan mereka. Revitalisasi bungker dilakukan secara cermat, bukan saja dari aspek keaslian sebagaimana kaidah pelestarian cagar budaya, tetap juga kekuatan fisik bangunan terklait dengan aspek keselamatan," paparnya 

Walikota menambahkan saat penggalian beberapa tahun silam, kondisi bangunan bungker berupa tembok tebal dengan luasan ruangan 16 X 24 meter terbagi dalam dua bagian, relatif masih kokoh. 

Kondisi bungker di Balaikota saat ini, masih dipenuhi genangan air hingga tangga pintu masuk, tak jauh berbeda dengan saat ditemukan beberapa tahun silam. Dulu pernah dilakukan penyedotan air di dalam bungker menggunakan pompa, jelas Rudy, namun genangan tak bisa dituntaskan. (Hut)

BERITA REKOMENDASI