Bupati Izinkan Mobdin Dipakai Mudik

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Karanganyar membolehkan pemakaian kendaraan dinas untuk mudik lebaran. Syaratnya, pengguna fasilitas itu melapor ke pejabat penguasa aset daerah dan menanggung seluruh ongkos pemeliharaan, operasional dan mengembalikan seperti sedia kala.

Hal itu disampaikan Bupati Karanganyar kepada wartawan di rumah dinasnya, Jumat (23/6). Disebutnya, seluruh kendaraan dinas jenis mobil maupun sepeda motor boleh digunakan untuk mudik ke kampung halaman masing-masing kecuali mobil pemadam kebakaran dan mobil ambulans. 

Menurut Bupati, ia tak merasa khawatir terkait penggunaannya di luar agenda kedinasan.  Justru pemakaian rutin aset bergerak itu lebih terawat daripada hanya di garasi kantor selama sepekan lebih. Selain itu, Pemkab juga belum mempunyai tempat khusus untuk menyimpan ratusan mobil dan ribuan sepeda motor dinas.

"Kalau disimpan di tempat terbuka dalam waktu cukup lama nanti kepanasan dan kehujanan. Lagi pula, tidak semua kendaraan dinas  dipakai selama libur Lebaran,” jelasnya.

Meski boleh digunakan mudik, para ASN harus membeli BBM dari uang pribadi, membayar sendiri ongkos perawatan dan suku cadangnya. Tak kalah penting harus menjaga kendaraan tetap aman dan utuh.  Pada hari pertama masuk kerja usai lebaran, Senin (3/7), semua kendaraan dinas akan diapelkan. Pemeriksaan seluruh unitnya untuk memastikan kendaraan dalam kondisi utuh tanpa kerusakan. (R-10)

“Setelah lebaran, pekerjaan PNS tidak akan saya periksa karena itu tanggung jawab mereka, namun yang saya periksa itu kendaraan yang mereka bawa karena itu aset milik negara,” imbuhnya. (R-10)

BERITA REKOMENDASI