Bupati Sukoharjo Beri Bantuan Keluarga Tinggal di Kolong Meja Wedangan

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Bupati Sukoharjo Etik Suryani melakukan inspeksi mendadak (sidak) menemui satu keluarga pasangan suami istri Cahyo Yulianto (50) dan Wiwin Haryati (48) warga Kartasura yang tinggal dan tidur di kolong meja wedangan. Keluarga tersebut merupakan pedagang kaki lima (PKL) yang jualan dipinggir jalan depan SMPN 3 Kartasura.

Etik Suryani datang sebagai bentuk respon cepat Pemkab Sukoharjo untuk warga yang membutuhkan. Pemkab Sukoharjo sebelumnya sudah memberikan bantuan pada keluarga tersebut. Bantuan yang diberikan tersebut berupa paket sembako, terpal, kids ware, food ware, family ware, seragam sekolah, peralatan dapur dan kasur. Kemudian memberikan bantuan uang tunai senilai Rp1 juta.

Pemkab Sukoharjo juga memberikan bantuan jaminan kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk seluruh anggota keluarga berjumlah 13 orang. Selain itu bantuan juga akan diberikan dalam bentuk rumah tinggal di Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa) di wilayah Kelurahan Joho, Kecamatan Sukoharjo dan pendidikan gratis di sekolah negeri.

Pasangan suami istri Cahyo Yulianto (50) dan Wiwin Haryati (48) warga Kartasura menolak bantuan tinggal di Rusunawa Joho, Sukoharjo karena keberatan meninggalkan usaha wedangan yang sudah dijalani. Terlebih lagi menjadi PKL telah lama ditekuni dan banyak pelanggan. Keluarga tersebut memilih tinggal dan tidur di kolong meja wedangan tempat usahanya.

“Keluarga ini tidak punya tempat tinggal dan memilih tinggal dan tidur di kolong meja tempat usaha wedangan. Kami langsung ambil tindakan turun membantu keluarga ini. Semua kami bantu dari Pemkab Sukoharjo,” ujarnya.

Etik Suryani menjelaskan, sudah meminta pada dinas terkait mengenai penggunaan Rusunawa Joho untuk membantu keluarga tersebut. Hasilnya diperbolehkan dan gratis untuk ditempati karena akan dibantu Pemkab Sukoharjo.

“Keluarga ini tidak mau tinggal di Rusunawa Joho. Saya beri waktu untuk berpikir. Kalau bersedia maka akan langsung kami bantu dan dipersilahkan tinggal di Rusunawa Joho,” lanjutnya.

Etik menambahkan, bantuan pendidikan gratis juga dipersiapkan untuk anak-anak pasangan suami istri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati. Pemkab Sukoharjo mempersiapkan sekolah negeri. Hal ini juga telah dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sukoharjo. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI