Bupati Sukoharjo Siap Paparan Adipura 2017

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya diagendakan melakukan paparan langsung ke dewan penilaian pusat Adipura di Jakarta. Kabupaten Sukoharjo diperkirakan akan kembali mendapatkan penghargaan kali ini Adipura Buana 2017. Sebelumnya pada tahun lalu berhasil mendapat Adipura Kirana 2016.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Sukoharjo Suraji, Rabu (7/6) mengatakan, sudah melakukan persiapan dengan mempersiapkan materi paparan. Pemaparan nanti dilakukan di Jakarta sesuai jadwal Kamis (8/6).
Materi paparan dipersiapkan bersama oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Dinas Lingkungan Hidup Sukoharjo. Meteri paparan berisikan yakni berkaitan dengan penataan taman, gas metan, TPA Mojorejo, Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce, dan Recyle atau mengurangi, menggunakan dan daur ulang (TPS 3R) dan lainnya.

“Paparan penghargaan Adipura 2017 akan dipimpin bapak bupati didepan dewan panitia di Jakarta,” ujar Suraji.

Kabupaten Sukoharjo pada 2017 kemungkinan akan mendapatkan penghargaan Adipura Buana. Kemungkinan tersebut setelah Kabupaten Sukoharjo mendapatkan nilai tinggi dan sudah masuk dalam tahap paparan. “Hasilnya ditunggu saja dari putusan dewan panitia pusat. Yang jelas Kabupaten Sukoharjo sudah melakukan persiapan dan layak dapat,” lanjutnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sukoharjo Djoko Sutarto, mengatakan, hasil baik didapat oleh Kabupaten Sukoharjo dalam penilaian penghargaan Adipura 2017 dengan skor 76 atau lebih tinggi dari batas aman 75. Pada penilaian tahun ini Pemkab Sukoharjo pasang target bisa meraih peningkatan dengan membidik Adipura Buana setelah 2016 lalu berhasil mendapat Adipura Kirana. Penilaian sendiri dilakukan oleh panitia pusat di Sukoharjo pada awal April lalu.

Faktor ekonomi dalam pengelolaan sampah menjadi unggulan Pemkab Sukoharjo salah satu contohnya yang sudah berjalan yakni di Kelurahan Ngadirejo, Kecamatan Kartasura. Selanjutnya akan dikembangkan disejumlah desa lainnya dengan penyediaan tempat pembuangan sampah terpadu. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI