Bupati Wonogiri Komitmen Turunkan Angka Anak Penyandang Stunting

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRjogja.com – Ribuan penderita stunting di Kabupaten Wonogiri ternyata tidak semuanya lantaran faktor ekonomi. Tak sedikit pula yang karena keterbatasan pemahaman orang tua. Pemkab Wonogiri berkomitmen dari sekitar 3.000 anak penyandang stunting akan bebas di tahun 2022-2023 mendatang.

“Banyak juga penderita stunting kita yang berasal dari keluarga mampu,” ungkap Bupati Wonogiri Joko Sutopo usai mengikuti Rembung Pencegahan Stunting dan peluncuran program Ibu Hamil dan Balita Makan Sehat (Bumilimase) di pendapa Kabupaten Wonogiri, Selasa (16/11).

Menurut dia, keterbatasan pemahaman dapat berupa minimnya pengetahuan mengenai ibu hamil, asupan gizi, hingga kecukupan nutrisi usai melahirkan. Bupati mencontohkan, ibu hamil tidak suka mengkonsumsi suplemen, obat penambah darah atau pemberian makanan tambahan.

Bupati menyatakan, target stanting nol persen itu tidak mustahil asalkan didukung semua pihak. “Tahun 2017 angka stunting Wonogiri sebesar 24 persen, sekarang tinggal 14-15 persen,” imbuhnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI