Bupati Wonogiri Perangi ‘Hoax’

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap masyarakat bisa bersikap bijak dan hati-hati dalam menyikapi maraknya berita bohong atau hoax. 

"Jika tidak hati-hati dikhawatirkan akibat banyaknya berita 'hoax' belakangan ini yang  sengaja dihembuskan pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab akan memecah belah persatuan bangsa," kata Bupati pada peringatan HUT Ke-32 Hari Pers Nasional (HPN)  di rumah dinasnya, Jum'at (9/2). 

Acara yang digelar dengan sederhana oleh jajaran Bagian Humas Pemkab Wonogiri ditandai  dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Wonogiri. Potongan tumpeng selanjutnya diserahkan kepada wakil wartawan Bambang Purnomo.

Menurut Bupati Joko, di era globalisasi dan modernisasi serta kebebasan pers saat ini industri pers berkembang pesat. Akibatnya, masyarakat pembaca sering terkecoh dengan berita-berita yang saban hari bahkan saban detik, khususnya yang online, 'berseliweran' di tengah masyarakat.

"Makanya kendati kran kebebasan kini terbuka lebar, namun kami minta pers maupun kalangan wartawannya tetap harus konsisten dan bertanggung jawab dengan apa yang telah ditulis atau disebarkan," papar dia.

Di sisi lain, masyarakat diimbau dalam merespon setiap berita maupun medsos (media sosial) dengan seksama. Soalnya, dewasa ini hampir sulit dibedakan mana berita hoax dan mana yang benar. "Saya selalu mendukung perang terhadap berita hoax," lanjut dia. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI