Bupati Wonogiri Serahkan Ratusan Alsintan

Editor: Ary B Prass

WONOGIRI, KRJOGJA.com– Bupati Wonogiri Joko Sutopo berharap dengan bantuan alsintan (alat mesin pertanian) dari pemerintah bisa menekan biaya produksi kalangan petani. Jangan sampai ada anggota kelompok tani (Klomtan) atau anggota gabungan kelompok tani (Gapoktan) mengeluhkan biaya sewa alsintan bantuan tersebut jika dibanding dengan sewa alsintan yang dikelola pihak ketiga atau pengusaha (perorangan).
“Kami melalui dinas terkait akan terus memantau masalah ini, jika ada Klomtan atau Gapoktan nakal harus diluruskan,” ungkap Bupati Wonogiri usai menyerahkan alsintan di Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri, Jumat (17/9/2021).
Didampingi Wakil Bupati Setyo Sukarno bupati secara simbolis menyerahkan 496 unit alsintan berbagai jenis kepada sejumlah ketua Gapoktan dan Klomtan di daerahnya. Menurut Plt Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Wonogiri Wiyanto SH MH, dengan bantuan alsintan ini guna menunjang pembangunan sektor pertanian khususnya meningkatkan angka produksi pangan di kabupaten ini.
Salah seorang ketua kelompok tani penerima bantuan alsintan asal Desa Gambiranom Kismantoro, Prawito, mengaku bantuan alsintan akan banyak membantu sekitar 55 petani anggotanya. Biaya produksi, kata dia, dipastikan lebih hemat 35-40 persen jika dibandingkan dengan sebelum ada bantuan dari pemerintah.
“Biaya olah lahan per petak selama ini sekitar Rp 4 juta dengan alsintan biaya tersebut bisa ditekan hingga 40 persen lebih,” tandasnya. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI