Bursa Calon Rektor UNS Mulai Menghangat

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Persaingan perebutan calon rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2019-2023 mulai terlihat. Sampai berakhirnya pendaftaran Kamis (27/12) pukul 16.00 tercatat ada lima bakal calon yang siap bersaing dalam bursa calon rektor.

Mereka adalah Prof Dr Jamal Wiwoho HHum yang kini menjabat Inspektorat Kemenristekdikti. Kemudian Prof Sutarno MSc PhD (Wakil Rektor 1), Prof Dr Widodo Muktiyo (Wakil Rektor 4), Prof Dr Furqon Hidayatullah MPd (Direktur Pasca Sarjana) dan Prof Dr M Nizam ( Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Pendiidikan).

Ketua panitia pemilihan rektor Prof Sahid Teguh Widodo MHum PhD didampingi Dr Muh Jamin, Wakil Ketua panitia mengatakan Prof Jamal mendaftar pada Rabu (26/12). Sedang empat bakal calon lainnya mendaftar pada hari terakhir Kamis (27/12). "Jumlah lima bakal calon ini sudah memenuhi batas minimal," jelasnya.

Bakal calon rektor membawa berkas sesuai yang dipersyaratkan. Ada 17 persyaratan diantaranya harus Pegawai Negeri Sipil yang memiliki pengalaman jabatan sebagai dosen dengan jenjang akademik paling rendah lektor kepala. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, kemudian berusia paling tinggi 60 tahun pada 13 April 2019 serta memiliki pengalaman manajerial.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas, panitia memberikan surat tanda terima. Sementara bakal calon diharuskan menandatangani Fakta Integeitas yang diantaranya berisi tidak akan menarik diri, saling menghormati bakal calon lain, tidak money poletic dan hoax.

Setelah pendaftaran berakhir panitia akan melakukan verifikasi dokumen disaksikan tim kemenristekdikti. Verifikasi akan dilaksanakan 4-10 Januari 2019. "Pada 11 Januari dilanjutkan rapat pleno senat untuk menetapkan bakal calon rektor. Selanjutnya nama-namanya diumumkam secara terbuka," jelas Prof Sahid. (Qom)

UNS

BERITA REKOMENDASI