Cacing Hati Masih Ditemukan Pada Sapi Kurban Di Sukoharjo

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Cacing hati masih ditemukan pada hewan kurban sapi disejumlah wilayah di Sukoharjo saat dilakukan penyembelihan. Meski demikian diperkirakan jumlahnya mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya. Angka pasti temuan belum bisa diketahui karena masih dalam pendataan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo Netty Harjianti, Jumat (1/9) mengatakan, temuan cacing hati pada sapi kurban didapati setelah petugas melakukan pengawasan lapangan. Hasilnya sudah ada temuan dibeberapa lokasi penyembelihan hewan kurban.

“Masih ada temuan cacing hati pada sapi kurban. Temuan kami didapati petugas dengan cara melakukan pengawasan lapangan saat dilakukan penyembelihan hewan kurban,” ujar Netty Harjianti.

Netty mengatakan, belum mengetahui secara pasti berapa jumlah temuan cacing hati. Sebab sampai Jumat (1/9) sore masih dilakukan pendataan. Data dimungkinkan berubah setiap waktu mengingat penyembelihan hewan kurban masih dilakukan masyarakat dua hari kedepan.

“Meski ada temuan tapi kami perkirakan jumlahnya turun dibanding tahun lalu. Masyarakat kami minta tenang dan tidak perlu khawatir,” lanjutnya.

Saat ada temuan cacing hati petugas langsung melakukan tindakan dengan meminta kepada warga memisahkan dengan daging dan segera dibuang. Hal itu dilakukan agar cacing hati tidak dikonsumsi karena membahayakan. (Mam)

BERITA REKOMENDASI