Calon Penerima Vaksin Corona Mulai Didata

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Sejumlah kalangan ditetapkan sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19 di Karanganyar. Mereka kini tengah didata puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Purwati mengatakan, prioritas penerima vaksin Covid-19 adalah tenaga kesehatan (nakes), TNI/polri, perangkat pemerintah di pelayanan publik dan kalangan berisiko tinggi.

“Sejauh ini, pendataan belum selesai dilakukan. Mereka yang masuk prioritas itu di usia produktif mulai 18-59 tahun,” katanya, Sabtu (05/12/2020).

Ia sendiri belum mengetahui kapan vaksin didistribusikan ke daerah. Namun puskesmas mulai menyiapkan sarana penyimpanan vaksin secara bertahap. Vaksin itu harus disimpan di ruangan bersuhu 2-8 derajat celsius. DKK juga sudah menugaskan nakes menjadi vaksinator. “Ada 42 orang dilatih vaksinator. Ada perawat dan dokter,” katanya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini masih menunggu petunjuk dari pusat terkait penyaluran vaksin Covid-19. Lebih lanjut, pihak dinas juga belum mengetahui berapa jumlah vaksin yang diterima.

Kepala Puskesmas Tawangmangu Wahyudi Wibowo mengatakan pendataan di wilayahnya masih berlangsung. Targetnya selesai sebelum berganti tahun.

“Pendataannya sudah dimulai bulan lalu. Kami sudah menyiapkan ruang penyimpanan, jika sewaktu-waktu vaksin Covid-19 datang,” katanya.

Hingga Jumat (4/12) inveksi Covid-19 belum berhenti dan cenderung bertambah. Jumlah terpapar 408 orang. Meninggal dunia 96 orang dan 336 kontak erat. (Lim)

BERITA REKOMENDASI