Candi Sukuh dan Ceto Kembali Dibuka, Pengunjung Wajib Bukti Vaksin

Editor: Agus Sigit

KARANGANYAR, KRjogja.com – Candi Sukuh di Desa Berjo, Ngargoyoso dan Candi Ceto di Desa Gumeng Jenawi Karanganyar akhirnya dibuka untuk umum. Jumlah pengunjung dibatasi maksimal 50 persen dan wajib menunjukkan bukti telah divaksin minimal dosis I.

Pembukaannya diawali simulasi operasional pada Selasa (5/10) dan Kamis (7/10). Rencananya, dua obyek wisata religi itu dibuka secara terbatas mulai Sabtu (9/10).

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto mengatakan simulasi maupun operasional dua candi diawasi BPCB Jawa Tengah selaku institusi yang menaungi obyek cagar budaya tersebut. Dalam simulasinya, pengunjung wajib mengenakan masker, menjaga jarak, mematuhi batas durasi kunjungan, berusia cukup dan sudah vaksin. Petugas hanya mengizinkan pengunjung yang membuktikan telah divaksin dengan sertifikat/surat vaksin, baik itu bukti cetak maupun digital. Selain itu, usia kurang dari 12 tahun dilarang masuk.

“Cukup melegakan juga akhirnya dua candi ini diizinkan buka untuk umum. Yang paling penting menaati aturan prokes. Level 2 PPKM bukan berarti bebas melakukan aktivitas. Justru harus lebih taat lagi. Terutama di ruang publik,” kata Titis.

BERITA REKOMENDASI