Capaian Peserta Imunisasi MR Di Sukoharjo 95 Persen

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) atau Campak dan Rubella tinggal menyisakan lima hari sampai ditutup 30 September. Total dari 195.276 anak dengan usia 9 bulan sampai 15 tahun jadi sasaran imunisasi MR di Sukoharjo sebanyak 95 persen diantaranya sudah mendapatkan vaksin.

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo Bejo Raharjo, Senin (25/9) mengatakan, capaian partisipasi anak untuk mendapatkan vaksin imunisasi MR sangat besar. Angka 95 persen sudah dianggap sesuai dengan target awal dari DKK Sukoharjo. Sebab pencapaian 100 persen sulit terealisir karena berbagai sebab, salah satunya yakni penolakan dari masyarakat. Selain itu karena faktor kepindahan penduduk dari Sukoharjo ke luar daerah.

Tingginya angka partisipasi anak mengikuti imunisasi MR dikatakan Bejo juga karena sejumlah faktor. Seperti besarnya dukungan dari berbagai petugas terkait dan masyarakat. Sebab pada dasarnya pemberian imunisasi MR ini untuk jaminan kesehatan anak. “Masih ada waktu sampai penutupan pelaksanaan imunisasi MR 30 September nanti. Sekarang masih pelaksanaan pemberian vaksin tahap kedua dengan sasaran anak usia 9 bulan sampai 7 tahun,” ujar Bejo Raharjo.

Pada pelaksanaan imunisasi MR tahap kedua ini masih ada sejumlah penolakan dari masyarakat. Meski demikian, angkanya lebih kecil dibanding pada pelaksanaan imunisasi MR tahap pertama.
Minimnya penolakan terjadi karena kerja keras petugas DKK Sukoharjo dengan melibatkan instansi lain seperti MUI. Petugas memberikan sosialisasi bahkan mendatangi langsung rumah orang tua yang menolak anaknya diberi imunisasi MR.

“Banyak petugas yang terlibat dan sudah bekerja keras. Mereka memberikan sosialisasi sampai anak mau diberi vaksin,” lanjutnya. (Mam)

BERITA REKOMENDASI