Cegah Kebakaran, Seluruh Pasar Harus Dicek Ulang

SRAGEN, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen diminta mengecek kondisi seluruh pasar tradisional untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran seperti di Pasar Legi, Kota Solo. Selain itu sosialisasi antisipasi terjadinya kebakaran kepada para pedagang pasar juga penting dilakukan. 

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, Rabu (31/10) menyikapi terjadinya kebakaran di Pasar Legi Solo beberapa waktu lalu. 
"Kebakaran Pasar Legi adalah musibah yang membuat kita semua sedih. Ribuan pedagang berjualan di sana. Semoga musibah yang sama tidak terjadi di Sragen," ujarnya.

Totok, sapaan akrab Bambang Samekto menilai perlu adanya langkah dari dinas terkait untuk mengecek kondisi jaringan listrik di semua pasar tradisional, utamanya pasar-pasar besar seperti Pasar Bunder Sragen dan Pasar Gemolong. "Beberapa kejadian kebakaran dipicu terjadinya korsleting listrik. Jadi harus dipastikan jaringan listrik di pasar sehat. Berikan juga edukasi kepada para pedagang dan pembeli," jelasnya.

Totok juga menilai perlunya pasar tradisional dilengkapi dengan hidran dan alat pemadam api ringan (APAR). Fasilitas itu sangat vital untuk mendukung upaya pemadaman api saat terjadi kebakaran. "Kami minta dinas cek seluruh pasar, apakah sudah tersedia APAR," tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI