Cegah Kerumunan, Pemakaman Ustaz Sukina Diajukan dan Dipersingkat

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pemakaman pimpinan pusat majelis tafsir Al Quran (MTA) Ahmad Sukina di Permakaman Muslim Kaliboto, Mojogedang berprotokol kesehatan (prokes) ketat. Selain dimajukan dari jadwal, juga tak berlama-lama. Hanya petugas beralat pelindung diri (APD) yang boleh merapat di liang lahat. Para pelayat tak boleh mendekat.

Ribuan warga MTA yang memadati lapangan Kaliboto melakukan salat jenazah, berulang kali diminta menjaga jarak. Hampir separuh luas lapangan terpakai salat jenazah. Unit mobil pemadam kebakaran disediakan di lapangan itu untuk keperluan berwudu. Sebelumnya, para pelayat sudah menyiapkan diri menyambut jenazah yang diturunkan dari mobil ambulans sekitar pukul 10.00 WIB. Dari semula pemakaman dijadwalkan pukul 13.00 WIB, ternyata dimajukan pukul 11.00 WIB.

Kepada wartawan, Kabag Ops Polres Karanganyar Kompol Budiarto menegaskan pihaknya berupaya memastikan seluruh pelayat melaksanakan protokol kesehatan.

“Kami terus mengimbau agar setelah selesai pentakziyah segera meninggalkan lokasi. Kami juga berkoordinasi dengan Satgas MTA melarang pentakziyah masuk makam. Hal itu karena ini masih dalam masa pandemi,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI