Covid Melonjak, Wonogiri Sibuk Cari Tambahan Bed

Editor: KRjogja/Gus

WONOGIRI, KRjogja.com – Satgas Covid 19 Wonogiri menambah tempat tidur (TT) atau bed di sejumlah rumah sakit (RS) setelah jumlah pasien corona terus melonjak. Satgas yang melakukan pengecekan, Senin (21/6) siang, juga menyiapkan gedung PGRI Wonogiri untuk menampung pasien ketika RS sudah membludak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Wonogiri dr Adhi Dharma MKes mengatakan Satgas melakukan pengecekan jumlah TT bagi pasien Covid-19. Sejumlah rumah sakit sudah melakukan penambahan TT bagi pasien korona. Dicontohkan, Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Wonogiri dari 10 TT menjadi 35 TT bagi pasien, RS Maguan Husada di Pracimantoro dari 14 TT menjadi 24 TT. Rumah sakit lainnya seperti Medika Mulya, RSUD dr Soediran MS Wonogiri kini memiliki 116 tempat tidur.

“Ini untuk mengurangi beban dalam penanganan Covid-19,” ungkap Adhi usai melakukan pengecekan di RS PKU Muhammadiyah Wonogiri, Senin (21/6).

Bed occupancy rate (BOR) atau keterisian tempat tidur bagi pasien korona di seluruh rumah sakit di Kota Sukses mencapai 77,20 persen. Adhi menjelaskan, BOR itu sudah melampaui ambang batas yang ditentukan World Health Organization (WHO) yakni 70 persen. Jika BOR sudah melampaui 70 persen harus disiapkan TT tambahan.

Adhi mengatakan, total jumlah TT isolasi di seluruh rumah sakit di Wonogiri ada 283. Itu belum termasuk tambahan TT yang kini telah ditambahkan. Pihaknya masih menghitung TT tambahan di semua rumah sakit. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI