Crane Ambruk, Warga Ternyata Sempat Ingatkan Pekerja Proyek

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRJOGJA.COM) – Warga Cinderejo Lor, Gilingan, Banjarsari, Solo geger menyusul suara gemuruh yang ternyata crane (alat pemindah material berat) setinggi 20 meter yang tengah difungsikan untuk  pembangunan sebuah hotel bertingkat ambruk dan menimpa rumah warga, Senin (16/10/2017). Meski tidak ada korban jiwa, pemilik rumah Beni Supardi (65) sempat shock,  demikian pula warga Gilingan lainnya yang trauma karena sebelumnya sudah mengingatkan kepada manajemen proyek namun tidak digubris.

Awalnya pegawai warung makan milik Beni Supardi terkejut adanya sudara berderak di dekat dapur yang digunakan untuk memasak. “Untunglah sebelum crane ambruk, tiga pekerja yang sedang memasak berhasil lari berhamburan keluar dari dapur rumah makan milik saya,”ujar Beni .

Menurut sejumlah warga Gilingan sebelum crane ambruk mereka sempat mengingatkan karena crane sudah terlihat condong atau miring ke arah Selatan. Bahkan, tanah yang digunakan untuk tumpuan crane yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter sudah retak.

Akibat crane ambruk, atap dapur milik Beni yang terbuat dari kayu dan seng itu meleyot akibat tertimpa crane.

Beni yang juga menjabat sebagai Ketua  RT 002/ RW 006 Kampung Cinderejo Lor, Gilingan sempat menegur pekerja pembangunan hotel dan mengingatkan kalau posisi crane cukup membahayakan. Namun peringatan ketua RT 002 itu tidak digubris terbukti tidak ada tindak lanjut untuk keselamatan warga. Warga Gilingan, ujar Beni sempat trauma karena crane yang jatuh setidaknya sudah berlangsung dua kali selama dua bulan terakhir ini.

Petugas kepolisian dari Polresta Solo kemudian memberi garis polisi terhadap pagar-pagar proyek tersebut . Setelah kejadian crane ambruk, tidak tampak aktivitas apapun di dalam proyek itu.

Sementara Kasatreskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi yang ikut melakukan cek lokasi, Senin (16/10) mengatakan, jatuhnya crane tersebut diduga karena tanah yang digunakan sebagai tumpuan bergerak atau labil. Disamping itu, di sekitar berdirinya crane terdapat galian. "Diduga karena fondasinya tidak kuat mengakibatkan membuat crane tersebut roboh dan jatuh," katanya. (Hwa)

BERITA REKOMENDASI