Cuaca Panas, Perawatan Taman Di Sukoharjo Dilakukan Ekstra

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Perawatan ekstra dilakukan terhadap sejumlah taman di Sukoharjo. Bentuknya yakni dengan penyiraman minimal sekali dalam sehari. Cuaca panas dikhawatirkan berdampak pada tanaman yang bisa menyebabkan kerusakan.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Sukoharjo Bambang Sutrisno, Rabu (6/9) mengatakan, sudah menerjunkan petugas dan armada truk untuk melakukan perawatan terhadap sejumlah taman. Perawatan sekarang dilakukan ekstra mengingat kondisi cuaca panas.

Petugas selain membersihkan taman juga memberikan nutrisi berupa pupuk dan penyiraman. Khusus untuk penyiraman dilakukan minimal sekali. Jumlah penyiraman bisa menyesuaikan dengan kebutuhan kondisi taman. Salah satu taman yang jadi sasaran untuk mendapatkan perawatan ekstra yakni disepanjang Jalan Ir Soekarno Sukoharjo. Keberadaan taman tersebut sangat penting karena berada ditengah kota. Selain itu juga menjadi ciri khas Sukoharjo.

Taman lainnya juga mendapatkan perawatan ekstra seperti di Taman Paku Joyo Gayam, Sukoharjo, Taman Wijaya Kusuma Sonorejo, Sukoharjo dan lainnya. Kondisi tanaman menjadi perhatian petugas untuk terus dirawat. “Tanaman perlu dirawat ekstra sekarang karena cuaca panas. Kalau tidak dikhawatirkan bisa mati dan merusak taman,” ujar Bambang Sutrisno.

Selain perawatan rutin petugas juga melakukan penambahan sejumlah tanaman dibeberapa taman. Hal itu dilakukan untuk melengkapi koleksi tanaman. “Keberadaan taman itu sangat penting tidak hanya memperindah Sukoharjo, namun juga menjadi ruang terbuka hijau untuk masyarakat,” lanjutnya.

Salah satu warga Sukoharjo Kota Agus Santoso mengatakan, kondisi taman di Sukoharjo sudah baik. Sebab taman sudah tersebar disejumlah tempat dan memiliki koleksi banyak tanaman. “Perawatan memang harus ekstra sekarang apalagi cuaca panas. Masyarakat berharap taman bisa tetap ada untuk tempat ruang terbuka hijau masyarakat,” ujarnya.

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, selain perawatan rutin Pemkab Sukoharjo juga berencana menambah kelengkapan di taman Paku Joyo, Gayam, Sukoharjo Kota dengan permainan anak. Hal itu dilakukan setelah Sukoharjo ditetapkan menjadi Kabupaten Layak Anak (KLA).

Keberadaan taman diharapkan bisa dijadikan sebagai lokasi bermain anak di Sukoharjo. Karena itu tidak hanya tanaman, namun juga permainan harus disediakan pemerintah. (Mam)

BERITA REKOMENDASI