Curah Hujan Tinggi Masyarakat Diingatkan Waspada Bencana Alam

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Bagian dapur rumah milik Basari yang ditinggali ibunya, Ngatinem (70) warga Desa Gentan, Kecamatan Bulu roboh setelah diterjang hujan deras disertai angin kencang. Kondisi rumah yang tidak layak huni membuat petugas dan masyarakat terpaksa merobohkan seluruh bagian rumah demi menghindari roboh dikemudian hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo Sri Maryanto, Rabu (27/1), mengatakan, kronologis kejadian bermula pada Selasa (26/1) sekitar pukul 14.00 WIB hingga 15.00 WIB terjadi hujan deras di wilayah Desa Gentan, Kecamatan Bulu. Setelah hujan reda sekitar 30 menit kemudian bagian dapur rumah milik Basri roboh. Basari tidak ada di rumah karena pergi merantau ke Serang, Banten. Rumah hanya ditinggali sendiri oleh ibunya, Ngatinem.

Pada saat kejadian Ngatinem sedang berada dibagian teras depan rumah dan terhindar musibah dari robohnya bagian dapur. Kondisi rumah milik Basari dalam keadaan tidak layak huni karena kayu dan bambu sudah lapuk dan menyebabkan roboh. Kejadian tersebut diketahui warga dan langsung memberikan pertolongan.
Warga juga melaporkan kejadian rumah roboh tersebut ke pemerintah desa dan diteruskan ke BPBD Sukoharjo. Petugas dari tim gabungan kemudian datang dan langsung memberikan pertolongan pada Ngatinem.

“Kondisi Ngatinem selamat dan terhindari saat dapur rumah roboh. Saat dilakukan pengecekan memang kondisi rumah tidak layak huni dan rawan roboh jadi oleh petugas dan warga akhirnya dirobohkan sekalian,” ujarnya.

Seluruh bagian rumah Ngatinem terpaksa dirobohkan demi menghindari kejadian roboh terulang kembali dikemudian hari. Untuk sementara Ngatinem tinggal di rumah tetangga dan dalam pemantauan petugas.

Ngatinem sendiri diketahui memiliki enam orang anak yang sudah tinggal terpisah dengan orang tua. BPBD Sukoharjo usah kejadian sudah menyalurkan bantuan logistik kepada korban. Selain itu warga juga terus bergotong royong membersihkan puing rumah Ngatinem.

BERITA REKOMENDASI