Curah Hujan Tinggi Munculkan Jalan Berlubang di Sragen

Editor: Ivan Aditya

SRAGEN, KRJOGJA.com – Sejumlah ruas jalan di Kabupaten Sragen mengalami kerusakan seiring curah hujan yang semakin tinggi beberapa waktu terakhir. Tidak hanya di jalan-jalan besar atau jalan nasional, kerusakan jalan juga merata terjadi di jalan penghubung antarkecamatan sampai pelosok desa.

Seperti jalur Solo-Sragen, Solo – Purwodadi wilayah Kecamatan Kalijambe, Jalur Sidoharjo – Tanon hingga Sumberlawang.Bahkan di jalur Solo-Purwodadi sempat tergenang banjir karena drainase yang tidak berfungsi normal.

Susilo (55) warga Desa Ngembatpasdas, Kecamatan Gemolong, Sragen kepada wartawan Rabu (24/02/2021) mengaku kerusakan jalan raya Solo – Purwodadi sudah terjadi beberapa bulan terakhir. Kerusakan semakin parah seiring datangnya musih hujan. Tak jarang kondisi jalan yang berlubang dan bergelombang memakan korban pengguna jalan yang melintas. “Tapi mau bagaimana lagi, saya setiap hari harus melintasi jalan itu untuk pergi ke tempat kerja,” ujarnya.

Ia berharap kerusakan parah yang terjadi di jalan raya yang statusnya jalan provinsi itu segera diperbaiki. Jika tidak, dikhawatirkan akan banyak lagi korban jatuh terperosok di jalan rusak tersebut. “Kami minta Pak Gubernur Jateng segera memperbaiki. Kalau perlu dicor sekalian agar awet,” tandas Susilo yang berkeja di Solo.

Sementara, Ketua Fraksi Golkar, Sri Pambudi mengatakan hampir setiap tahun kerusakan jalan raya masih menjadi problem. Peningkatan kualitas dan mutu harus kembali di perhatikan.

Ia menyebut kerusakan ruas jalan yang berada di Kabupaten Sragen paling parah terjadi pada jalan provinsi, sehingga Pemprov diminita segera melakukan perbaikan. “Ruas jalan provinsi yang melintas di Kabupaten Sragen paling parah kerusakannya, melalui dinas terkait harus segera melakukan perbaikan,” tandasnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sragen Marija mengaku sudah berkomunikasi dengan DPU Provinsi Jateng terkait perbaikan infrastruktur di Sragen. Sekitar bulan April mendatang akan dilakukan perbaikan kerusakan jalan utamanya jalur Solo – Purwodadi.

“Kemarin kami komunikasi dengan Dinas Provinsi dan akan ada kegiatan jembatan Ganevo di Tangen serta perbaikan jalan Solo-Purwodadi.Pelebaran akan dilakukan bertahap, proses lelang kombinasi pelebaran konstruksi cor dan aspal,” jelasnya.

Sekedar diketahui, keluhan jalan berlubang di Sragen kerap disampaikan pengguna jalan. Khususnya di sejumlah jalur utama, seperti jalan raya Sukowati, Jalur Sidoharjo dan jalur Solo – Purwodadi. (Sam)

BERITA REKOMENDASI