Daerah Rawan Kekeringan, PDAM Tirta Lawu Siap Pasok Air Bersih

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – PDAM Tirta Lawu Kabupaten Karanganyar memetakan sasaran dropping air ke pelanggan di Gondangrejo, Kebakkramat, Sroyo (Jaten) dan sebagian wilayah Karanganyar Kota. Pemetaan itu didasari seretnya suplai air bersih akibat tingginya konsumsi selama ramadan sampai libur lebaran.

Direktur PDAM Tirta Lawu, Prihanto mengatakan kenaikan konsumsi air pelanggannya sekitar 10 liter per detik pada momentum puncak pemakaian. Yakni H-5 sampai H+3 lebaran di jam 04.00-08.00 WIB dan 14.00-20.00 WIB. Kenaikan konsumsi air mengakibatkan suplai seret ke pelanggan di dataran tinggi dan di lokasi terjauh dari sumber. Di momentum puncak, alirannya diprediksi tidak deras.  

"Rawan suplai seret itu berada di level agak atas seperti Popongan yang masuk Karanganyar Kota. Sedangkan di lokasi terjauh itu Gondangrejo, Kebakkramat dan Sroyo (Jaten). Di situ sekitar 500 pelanggan rumah tangga,” kata Prihanto kepada KRJOGJA.com, Jumat (08/06/2018).

Jumlah pelanggan rawan suplai air bersih itu bagian kecil dari total 57 ribu pelanggan. Meski begitu, ia tetap mengamankan kebutuhan mereka.  Tim PDAM mulai menyosialisasikan ke pelanggan di daerah rawan terkait upaya memenuhan kebutuhan air bersih. Yakni dengan mengisi tandon air sebelum jam puncak pemakaian. (Lim)

BERITA REKOMENDASI