Daging Ayam dan Sapi di Pasar Palur Layak Konsumsi

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Uji sampel kualitas daging ayam dan sapi di 37 lapak penjualannya di Pasar Palur, Jaten menunjukkan hasil layak konsumsi, Rabu (30/05/2018). Petugas Dinas Pertanian dan Peternakan (Disnakkan) Karanganyar mendapati kadar asam dan basa sampel tersebut di takaran normal. 

"Rata-rata kadar basanya 6,5. Tidak ada yang melebihi 7. Juga tidak terlalu asam. Artinya, dagingnya bagus. Bukan daging basah maupun daging gelonggongan," kata Pelaksana Kesehatan Hewan Disnakkan Karanganyar, Drh Sutiyarmo kepada wartawan usai inspeksi mendadak (sidak).
 
Tim sidak menyisir lapak penjualan daging mulai oprokan sampai ke los. Saat alat PH meter kadar air menunjukkan angka digital, kemudian dicatat petugas sambil mendata nama penjualnya. Selain mengukur kadar air, petugas juga mengamati penempatan jualan.  Biasanya, daging basah atau semi gelonggongan diletakkan di lapak atau ember khusus untuk menyamarkan kondisinya. Selama sidak, petugas tak mendapatinya. 

"Pemeriksaan kali ini hasilnya jauh lebih bagus dibanding tahun lalu. Enggak ada temuan ayam tiren atau daging suntik. Kami juga cek daging sapi yang datang dari luar. Itu berdokumen," katanya. 

Di sisi lain, harga daging sapi dan ayam di Pasar Palur stabil. Harga daging sapi kualitas super Rp 100.000-Rp 110.000 per kilogram (kg). Harga daging ayam Rp 32.000-Rp 34.000 per kg. Rata-rata pedagang daging sapi di los daging menyampaikan permintaan pembeli masih wajar. (Lim)

BERITA REKOMENDASI