Dana Desa Cukup Biayai Perpanjangan BLTDD

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dana Desa diklaim cukup membiayai perpanjangan Bantuan Langsung Tunai bersumber Dana Desa (BLTDD) yang diperpanjang penyalurannya Agustus-Oktober 2020. Pemerintah desa diharapkan menyisir lagi warga terdampak Covid-19 yang belum pernah memperoleh bantuan jaring pengaman sosial (JPS) dari pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Karanganyar, Agus Heri Bindarto mengatakan sedang memproses penyaluran tahap III BLT DD. Di tahap ini, per penerima berhak Rp 600 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan BLTDD Agustus-Oktober, bantuannya menurun jadi Rp 300 ribu per bulan.

“BLT DD Mei-Juli, penerimanya tidak boleh berubah. Kecuali ada yang dobel menerima misalnya dapat BLTDD juga BST atau BPNT. Salah satu saja yang dipilih. Perubahannya dengan musyawarah desa. Nah, untuk perpanjangan BLTDD bulan Agustus-Oktober juga melalui musdes. Bisa orangnya sama dengan yang Mei-Juli, bisa juga beda. Diharapkan sisir lagi yang belum dapat bantuan,” katanya kepada KRjogja, Rabu (8/7).

BERITA REKOMENDASI