Dana KUBE Bantu Atasi Kemiskinan

KARANGANYAR,KRJOGJA.com- Sebanyak 120 kelompok usaha bersama (KUBE) di kabupaten Karanganyar menerima dana pengembangan usaha senilai Rp2,4 miliar. Modal usaha tersebut bertujuan mengentaskan para anggota kelompok dari jurang kemiskinan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karanganyar, Waluyo Dwi Basuki, menyampaikan, ada 120 KUBE yang dibantu, masing-masing mendapatkan Rp20 juta. Penggunaan dana oleh KUBE diatur dalam pengajuan proposalnya. Misalnya, sewa menyewa perlengkapan pesta, peternakan, perikanan hingga toko kelontong. Kelompok usaha tersebut didampingi Dinas Sosial dan tenaga pendamping mulai dari pencairan sampai realisasi dan pelaporan. Waluyo meminta agar antar-KUBE bermitra sinergis. “Tiap 10 KUBE ada 1 pendamping. Jadi 12 pendamping untuk 120 KUBE. Dana sudah tersedia, serap secepatnya,” katanya usai pencairan dana KUBE di pendopo rumah dinas bupati, Rabu (16/9).

Bantuan KUBE rutin diberikan kepada warga penerima PKH tiap tahun. Pada tahun ini, jumlah penerimanya cukup lumayan. Mereka sengaja dipilih dari penerima program keluarga harapan (PKH) alias warga miskin yang diberi perhatian khusus oleh pemerintah pusat.

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mewanti-wanti agar dana tersebut tidak disalahgunakan. Ia berharap, pemanfaatan dana KUBE menstimulasi keluar dari garis kemiskinan. Ia mengakui, bukanlah persoalan mudah mengembangkan bisnis di tengah pandemi Covid-19.

BERITA REKOMENDASI