Danrem Warastratama Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Pekarangan sekitar rumah potensial dikelola menjadi alternatif sumber penghasilan keluarga. Misalnya berkebun dan beternak ikan. Hal itu disampaikan Danrem 074/Warastratama Kolonel Infanteri Dedi Suryadi usai memanen ikan lele di Dukuh Gunungkendil, Desa Karangturi, Gondangrejo, Selasa (16/03/2021).

“Di masa pandemi Covid-19 ini harus bisa inovatif. Sebab banyak orang tinggal di rumah. Selain menjaga diri dan orang lain dari penularan virus, juga harus mampu bertahan dari terpaan ekonomi. Nah, manfaatkan lahan yang ada di sekitar rumah. Berwirausaha tanpa perlu bepergian kemana-mana. Lahan menganggur dapat dipakai beternak ikan maupun berkebun sayur,” kata Danrem didampingi Dandim 0727 Karanganyar Letkol Inf Ikhsan Agung Wibowo.

Sambil meninjau kolam lele milik Nursaim, rombongan juga mengapresiasi pemanfaatan ruang pekarangan yang ditanami pohon jeruk. Lebih lanjut Danrem mengatakan, konsep pemanfaatan ruang pekarangan menjadi lahan produktif tersebut perlu diadopsi masyarakat luas.

“Di Gondangrejo ini saya lihat belum banyak lahan termanfaatkan secara maksimal. Kan sayang sekali. Harusnya produktif,” katanya.

Sementara itu Nursaim mengatakan usaha beternak ikan lele dimulainya sejak 2006. Memasuki masa pandemi, ia merasakan penurunan omzet. Dari semula panen 1,5 ton, menurun jadi 1 ton tiap pekan.

“Penurunan ini karena konsumsi ikan lele menurun. Tengkulak juga mengurangi pembelian. Tapi sekarang harganya sedang bagus. Lele segar Rp 16 ribu dari sebelumnya Rp 15 ribu,” kata pria yang masuk kelompok Tani Sumber Rezeki ini.

Ia menerima bantuan dari pemerintah guna mendukung usahanya seperti pembuatan kolam dan permodalan bergulir. Dalam kesempatan itu, Yayasan Yukata Peduli Bangsa bersama Pejuang Social Community (PSC) serta rombongan Korem 074 Warastratama membagikan kasur dan paket sembako.

Owner Yukata, Okan Cornelius mengatakan bakti sosial tersebut merupakan program CSR perusahaannya. “Kami memiliki tim untuk mencari sasaran. Seperti korban bencana alam dan orang membutuhkan. Kenapa kasur yang diberikan, karena faktor kesehatan. Kualitas istirahat itu sangat penting,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI