Dapat Pinjaman Kampus, Mahasiswa UNS Ini Sukses Bangun Bisnis

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Mereka masih berstarus mahasiswa, tapi sudah saling memiliki pendapatan rutin yang menggembirakan dari hasil usahanya. Padahal usaha yang dijalankan baru sekitar satu tahun, namun modal usaha yang dikucurkan lewat Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) sudah mampu berkembang tiga kali lipat.

Sugeng Sulistiawan adalah satu dari 87 mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang ikut program PMW 2018. Mahasiswa semester akhir Prodi Pendidikan Matematika FKIP ini mendapat kucuran modal Rp 8 juta untuk mengembangkan usaha jasa teknologi pembuatan aplikasi berbasis website dan android.

Hasil usahanya sudah terlihat jelas. Ia punya tiga pekerja IT dan modal pun telah bertambah tiga kali lipat menjadi sekitar Rp 24 juta. Ia banyak mengerjakan pada bidang pendidikan dan bisnis. Seperti pembuatan web sekolah, kemudian manajemen rapor, sistem monitoring jaringan sekolah dan registrasi event. Ongkos untuk pembuatan web sekitar Rp 2-3 juta.

Sementara mahasiswa lain yang menekuni kuliner, fashion, fotografi maupun bidang jasa juga sudah terlihat percaya diri (PeDe) menatap masa depan, setelah meraih sarjana. Bekal usaha yang dikembangkan tidak saja mampu memberikan pendapatan pada dirinya, tapi juga membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Lihat saja usaha Oksa Wisnu, mahasiswa Bahasa Inggris FKIP di sebuah kios Pasar Panggung Rejo Kentingan. Di situ ia membuka usaha jasa cuci sepatu yang menampung tiga orang pekerja, salah satunya menjadi admin media sosial sebagai jejaring dengan pelanggan.

"Setiap bulan pendapatan bersih kami sekitar Rp 4 juta," jelas Oksa. Calon pengusaha muda lain juga telah mengantongi keuntungan yang menggembirakan. Jalu Pralambang Indiana, mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) memilih berjualan kebab. Ia sudah mampu membuka lima gerai kebab. Setiap gerai memiliki dua karyawan dan menghasilkan omzet sekitar Rp 6 juta.

Potensi bisnis mahasiswa UNS semakin banyak dan bervarisi.  Pembina senior Pusat Pengembangan Kewirausahaan (PPKWu) Dr Eddy Tri Haryanto ingin mengembangkan ekonomi kreatif. Modalnya sedikit, tapi hasilnya luar biasa. (Qom)

 

 

 

UNS

BERITA REKOMENDASI