David Foster Antar Kejayaan De Tjolomadoe

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Konser Hitman David Foster and Friends sukses membangkitkan kegembiraan audiens melalui lagu-lagu mendunia di era 1990-an. Bertempat di De Tjolomadoe, Karanganyar, konser musik itu sekaligus mempromosikan gedung pertunjukan kelas dunia di bekas pabrik gula Colomadu.

Penampilan sang maestro dalam menghadirkan lagu-lagu lawas diterima tanpa syarat para pengagumnya dari kalangan senior hingga remaja. Berlokasi di hall berkapasitas 3 ribu penonton, ruangan didesain eklusif itu teramat nyaman dengan tata suara pas.

Lagu Cinta dan Rahasia oleh Yura Yunita diiringi denting piano David mampu membuka konser itu dengan manis. Kemudian, biduan bersuara emas itu membawakan Thru The Fire yang mengubah karakter lembut menjadi bersemangat.

Terlihat audiens dari tempat duduk tribun hingga ke bagian penonton depan panggung ikut larut terbawa euforia. Giliran Sandy Sondoro dengan dua lagu, You're The Inspiration dan When a Man Loves a Woman, membuat David tak berhenti memuji suaranya yang powerfull.

Sedangkan Dira Sugandi pada giliran berikutnya, mengingatkan David pada Celine Dion. Nada-nada tinggi pada All By My Self dapat dituntaskan penyanyi jazz yang telah go internasional ini sampai membuat David terperangah.

Pada tiap pergantian artis ke pentas, David selalu mengajak audiens berinteraksi. Ia pun sampai turun panggung untuk menyapa penggemarnya sekalian memintanya bernyanyi. "Saya suka orang-orang Indonesia. Mereka gemar bermusik. Sejak tahun 1990-an, kira-kira sudah 20 kali ke sini," kata David.

Setelah diselingi penampilan band, penampilan Anggun C Sasmi seperti menghipnotis audiens melalui tiga tembang berbahasa Inggris dan satu lagu andalannya, Mimpi. Seribu lebih penonton ikut menyanyikan sesuai ritmenya, serak dan kuat. Jelang penutupan pentas, Brian Mc Knight mengajak kembali ke masa lalu dengan lagu Every Breath You Take, Morning, One Last Night, dan Back at One.

Dalam sambutannya, Menteri BUMN Rini Mariani Soemarno mengapresiasi sinergitas berbagai perusahaan pelat merah nasional yang berkolaborasi mendirikan De Tjolomadoe. Usaha kerasnya itu tak sia-sia, terbukti dengan konser yang berhasil menjual ribuan lembar tiket sampai ludes.

"Tempat ini bisa untuk menggelar berbagai event budaya. Dapat pula menjadi tempat wisata domestik maupun mancanegara. Ini luar biasa, memiliki lahan 8,5 hektare, convention centre yang ada di daerah namun kualitas internasional," katanya.

Perusahaan konsorsium PT Sinergi Colomadu selaku pengelola De Tjolomadoe sengaja mengadirkan Hitman David Foster and Friends untuk memantik perhatian internasional terhadap wahana anyar ekshibisi budaya dan seninya di ujung barat Karanganyar itu.

"Ini pabrik gula terbesar nomor dua di dunia pada masanya. Harapan kita, itu terulang lagi dengan kemasan tempat konser kelas dunia," kata Rini. (Lim)

BERITA REKOMENDASI