Dekorasi Pernikahan Putri Jokowi Bergaya Jawa Klasik

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRJOGJA.COM) – Konsep dekorasi pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan  Bobby Afif Nasution menggunakan tema Jawa Klasik. Gedung Graha Saba Buana yang terletak di Jalan Letjen Suprapto nomor  80 B Solo, lokasi pernikahan bakal disulap penuh dengan bunga warna warni dengan adanya gebyok atau gazebo ala arsitektur Jawa, dengan titik penting di pelaminan (paragola), jalan yang dilewati pengantin serta pintu gerbang masuk gedung .

Ranu Asmoro konseptor dan dekorator pernikahan pernikahan putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu dengan Bobby Afif Nasution saat ditemui wartawan KRJOGJA.COM di sanggar seninya “Asmoro” di Premulung, Sondakan, Laweyan, Solo , Senin (16/10/2017) mengatakan dirinya merasa bangga mendapat kepercayaan keluarga Presiden Jokowi untuk menata dekorasi pernikahan Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution.

“Sebelumnya tahun 2015 lalu, kami  juga dipercaya mendekorasi pernikahan mas Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. Konsep pernikahan putra Presiden Jokowi itu sederhana, tidak glamour. Itu sesuai permintaan mas Gibran (putra sulung Presiden Jokowi.Red),” ujar Ranu Asmoro.

Menurut Ranu Asmoro, keluarga presiden Jokowi menolak kalau pernikahan adat Jawa itu disamakan dengan Pernikahan Ageng seperti di Kraton Kasunanan Surakarta misalnya. “Mas Gibran sebagai wakil keluarga Presiden Jokowi justru meminta konsep yang sederhana dan tidak berlebihan.”papar Ranu Asmoro.

Meski sederhana, makna dekorasi pernikahan adat Jawa yang bakal ditampilkan oleh Ranu Asmoro tetap menakjubkan dan diyakininya para tamu bakal terkesan.

Dituturkan Ranu Asmoro, dekorasi akan menggunakan beberapa properti yang membuat suasana adat khas tradisi Jawa kental terasa. “Seperti misalnya gebyok ukiran khas Jawa sebagai latar belakang. Bahkan pintu gerbang yang merupakan pintu masuk resepsi pernikahan bernuansa Jawa dengan bunga ronce melati, anggrek dan bunga calili,” ujar Ranu.

Sementara di bagian depan, tim dekorasi menyiapkan tenda-tenda. Khusus bagian pelaminan, dekorasi didominasi warna merah marun. “Nanti gebyok di bagian pelaminan ada sedikit yang kami modifikasi,” tuturnya.

Tim dekor Asmoro juga  memberikan sentuhan sejumlah tokoh wayang kulit pada beberapa sudut dekorasi. Seperti pada panggung gamelan serta stan foto (foto booth) bagi tamu undangan yang ingin ber swa foto di lokasi pernikahan.

Ranu  mengaku, tidak mengalami kesulitan berarti dalam mengerjakan konsep dekorasi pernikahan putri presiden. Pasalnya , Ranu sudah memahami selera keluarga presiden. Ia pun telah beberapa tahun bergabung dengan manajemen Chilli Pari, usaha yang dikelola Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Jokowi. “ Saya bersyukur dan mendapat kepuasan batin, karena konsep yang saya ajukan pun tidak banyak mendapatkan revisi,” tutur Ranu. (Hwa)

 

BERITA REKOMENDASI