Desa Gumpang Tuntas Vaksin, Warga Tetap Diminta Patuhi Prokes

Editor: Agus Sigit

SUKOHARJO, KRjogja.com – Desa Gumpang Kecamatan Kartasura berhasil menuntaskan vaksinasi virus Corona. Semua warga telah mendapatkan vaksin virus Corona dan kekebalan komunal ditingkat desa telah tercapai. Meski demikian warga tetap diminta mematuhi protokol kesehatan secara ketat demi mencegah penyebaran virus Corona.

Kepala Desa Gumpang Kecamatan Kartasura Dwi Nuryanto, Sabtu (2/10) mengatakan, vaksinasi virus Corona dilakukan secara bertahap sejak beberapa bulan lalu sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat. Pemberian vaksin virus Corona digelar berdasarkan skala prioritas dengan jadwal menyesuaikan Pemkab Sukoharjo. Hal itu mengingat masih pada tahap awal pelaksanaan program vaksinasi virus Corona.

Seiring berjalannya waktu pelaksanaan vaksinasi semakin banyak. Wargapun menjadi sasaran program dengan mengikuti kegiatan vaksinasi virus Corona diselenggarakan berbagai pihak dibeberapa tempat. Vaksinasi virus Corona yang sebelumnya dimulai dari tenaga kesehatan, lanjut usia, pelayan publik maka sudah menyasar masyarakat umum.

Percepatan vaksinasi virus Corona yang menjadi kebijakan pemerintah pusat kemudian dijalankan oleh Pemerintah Desa Gumpang Kecamatan Kartasura. Penyediaan vaksin virus Corona diberikan pemerintah melalui Kodim 0726 dan Polres Sukoharjo. Serbuan vaksinasi virus Corona diselenggarakan beberapa kali di Balai Desa Gumpang Kecamatan Kartasura untuk mempercepat dan mempermudah pemberian vaksin virus Corona pada warga.

Pemerintah Desa Gumpang Kecamatan Kartasura mendapat alokasi masing-masing 2.000 vaksin virus Corona dari Kodim 0726 dan Polres Sukoharjo dimaksimalkan. Penyisiran data warga yang belum vaksin dilakukan dengan melibatkan pengurus RT/RW, PKK dan lembaga lainnya di masyarakat.

Data warga yang belum menerima vaksin virus Corona kemudian masuk sebagai sasaran vaksinasi. Pelaksanaan kegiatan digelar selama tiga kali untuk pemberian dosis pertama vaksin virus Corona di Balai Desa Gumpang Kecamatan Kartasura.

“Desa Gumpang Kecamatan Kartasura tuntas vaksin. Semua warga sudah menerima vaksin virus Corona. Meski demikian warga tetap diminta mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” ujarnya.

Pelaksanaan vaksinasi virus Corona seperti dilakukan di Balai Desa Gumpang Kecamatan Kartasura pada Sabtu (2/10). Pada kesempatan tersebut Polres Sukoharjo menggelar serbuan vaksinasi virus Corona dengan sasaran 2.000 dosis.

Dwi Nuryanto menambahkan, semua warga setempat atau pendatang sudah menerima vaksin virus Corona. Mayoritas masih didominasi menerima vaksin virus Corona dosis pertama. Sedangkan dosis kedua masih menunggu jadwal selanjutnya karena dosis pertama baru diberikan beberapa hari lalu.

“Pengurus RT dan RW sudah menyisir warga di wilayahnya masing-masing. Semua warga sudah menerima vaksin virus Corona. Kalaupun ada yang belum itu karena merantau dan kemungkinan sudah menerima vaksin di daerah perantauan, dalam kondisi pengawasan dokter karena sakit. Jumlahnya itu sedikit,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI