Desa Karang Jadi Lokasi Pusat Perfilman Nasional

Editor: Ivan Aditya

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Desa Karang, Kecamatan Karangpandan Karanganyar Jateng dijadikan lokasi pembangunan infrastruktur pusat perfilman nasional. Proyek ini ditangani Direktorat Jenderal Dikti Kemendikbudristek dan didukung ISI Surakarta.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Karanganyar, Titis Sri Jawoto menyampaikan, dipilihnya Desa Karang menjadi salah satu daerah pendukung bangkitnya perfilman nasional karena gudangnya konten sejarah. Materi itu penting dalam pembuatan film.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, ISI Surakarta tengah memproduksi empat judul film pendek yang diprediksi selesai akhir tahun ini. Lokasinya di Desa Karang. Lokasi yang sama direncanakan jadi tempat ujian serta praktik fotografi mahasiswa ISI Surakarta.

“Banyak konten sejarah di Desa ini. Disamping itu, akses ke lokasi wisata lain seperti ke Ngargoyoso dan Tawangmangu yang juga memilki konten sejarah, juga cukup dekat. Selain itu Desa Karang nantinya juga akan menjadi salah satu lokasi uji kompetensi sumber daya manusia di bidang perfilman,” terang Titis, Jumat (13/08/2021).

Dikatakan Titis, Kemenristek Dikti akan membangun panggung terbuka di lahan berukuran 6 hektare. Fasilitas itu mendukung pembangunan pusat perfilman nasional. “Di panggung terbuka ini nantinya akan dilakukan pemutaran film outdoor melalui layar dengan ukuran 12 x 20 meter,” ujar Titis.

Terkait dukungan pariwisata, Desa Karang menyediakan 400 penginapan dengan skala menengah hingga berbintang yang bisa dimanfaatkan wisatawan. Sementara itu, Kepala Desa Karang, Dwi Purwoto mengapresiasi dijadikannya desa yang dipimpinnya tersebut menjadi pusat produksi film nasional.

“Tentu ini akan sangat berdampak terhadap roda perekonomian masyarakat. Kita bersama ISI Surakarta juga akan menggali potensi yang ada di masyarakat untuk dikembangkan dalam kerangka mendongkrak wisatawan yang akan berkunjung ke Desa Karang,” kata Dwi. (Lim)

BERITA REKOMENDASI