Desa Sendang Rumah ‘Restorative Justice’ Pertama di Wonogiri

Editor: Agus Sigit

WONOGIRI, KRJOGJA.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Wonogiri menetapkan Desa Sendang Kecamatan Wonogiri Kota menjadi ‘Rumah Restorative Justice’ tingkat kabupaten. Launching “Omah Rembug Adil” dilakukan Rabu (15/6/2022).

Diungkapkan Kajari Wonogiri, Muhammad Ahsan Thamrin, ada berbagai pertimbangan pihaknya memilih Desa Sendang sebagai pilot project.

“Jarak (Desa Sendang) dengan Kantor Kejari tidak terlalu jauh, sehingga memudahkan untuk koordinasi,” kata dia kepada wartawan.

Pihaknya juga melihat atar belakang Desa Sendang bisa digunakan untuk memperkenalkan lebih jauh tentang rumah Restorative Justice (Omah Rembug Adil) kepada warga. Kajari ingin mengembalikan kearifan lokal, dimana tidak semua konflik harus diselesaikan di meja hijau.

“Jadi konflik bisa kita selesaikan dengan cara musyawarah mufakat dan dengan cara penyelesaian yang adil. Itu yang ingin kita kembalikan, harmoni kehidupan bermasyarakat,” jelasnya.

Menurutnya, penyelesaian konflik di Rumah Restorative Justice harus memuaskan seluruh pihak, baik dari korban maupun pelaku.

“Misalnya ancaman pidana maksimal lima tahun, nilai kerugian (maksimal) Rp 2,5 juta dan antara korban dan pelaku saling memaafkan dan berdamai dan tentunya pelaku juga harus mengembalikan kerugian yang diderita korban,” terang Ahsan.

Kades Sendang, Sukamto, menyambut baik Desa Sendang dijadikan pilot project untuk Rumah Restorative Justice. Jauh sebelum ada Omah Rembug Adil tersebut, sebelumnya pihaknya pernah menyelesaikan permasalahan perdata antar warga dengan musyawarah. (Dsh)

BERITA REKOMENDASI