Desain Jembatan Karya Mahasiswa UNS Juara di Singapura

Editor: KRjogja/Gus

SOLO (KRjogja.com) – Tim Semar Zoe yang dipermuat dua mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meraih juara 2 Bridge Desain Competition (BDC) 2018 di Nanyang Technological University (NTU) di Singapura. Dua mahasiswa Teknik Sipil yang meraih sukses yakni Ecky Ferry Ferdyan dan Niko Patty.

Diajang kompetisi internasional itu ia dituntut bisa membuat desain jembatan yang paling kokoh, berestetika serta memiliki nilai ekonomis. Persoalan jembatan yang harus dijawab memilikin bentang 30 m, sisi tengahnya bisa dilewati kapal dengan dimensi lebar 10 m dan tinggi 7 m.

"Dalam desain itu kami tetap harus berpegang pada pedoman penilaian yaitu :  kekuatan, efisiensi bahan, esetika dan berkelanjutan. Kami mampu memenuhi unsur-unsur itu dan mendapatkan nilai maksimal," jelas Ecky Ferry Ferdyan di ruang humas, Senin (19/3).

Sukses itu disambut gembira dekan FT Dr Techn Ir Sholihin As'ad MT. Ini sebagai bukti kualitas mahasiswa UNS mampu bersaing dengan mahasiswa dari negara lain. Kreativitas maupun inovasi yang dimiliki mahasiswa dalam mengatasi problem jembatan bisa memenuhi harapan.

Ecky Ferry menambahkan sukses di ajang kompetisi tersebut tak lepas dari hasil mentoring dosen Dr Senot Sangaji ST MT. (Qom)

BERITA REKOMENDASI