Desk Pengamanan Pilkada Dilantik

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Satuan pengamanan Pilkada serentak 2018 dilantik di Mapolres Karanganyar, Jumat (05/01/2017). Masing-masing satuan memiliki tugas dan fungsi masing-masing dalam meraih kesuksean pemilu aman dan berkualitas.

"Dari personel Polri ada 530 orang. Ditambah TNI 100 orang dan brimob 1 SSK. Masih juga dibantu Linmas, Satpol PP, Dishub dan backup dari anggota Polres kabupaten/kota sekitar jika dibutuhkan," kata Kapolres Karanganyar AKBP Henik Maryanto kepada wartawan usai melantik personel desk pengamanan Pilkada di Mapolres.

Sasaran pengamanan termasuk penyelenggara pemilu, yakni komisionel KPUD dan Panwaslu. Keselamatan mereka menentukan keberhasilan pemilu. Selain itu, aparat juga bertugas menjaga keselamatan calon kepala daerah.

“Sejauh ini baru Pak Juliyatmono (petahana) yang mengurus SKCK (salah satu syarat pencalonan di KPUD). Yang lainnya belum ada yang mengurus itu. Jadi untuk pengamanan calon, baru beliau yang sudah dipastikan mendapat perlakuan itu,” katanya.

Desk pengamanan Pilkada telah dimulai sejak akhir 2017 dengan menjaga secara bergiliran kantor KPUD. Kapolres mengikuti dinamika pemilu untuk menentukan perkuatan personelnya."Masyarakat sekarang sudah semakin dewasa menyikapi pemilu. Bukan lagi ajang membuat kerusuhan. Mudah-mudahan berjalan aman," katanya. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI