Di Final Kompetisi, Banopolis Tawarkan Konsep Integrasi Moda

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Anugrah Nurrewa menjadi salah satu finalis kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 (DSC|X) yang digelar Wismilak Foundation di De Tjolomadoe, Sabtu (16/11).

Pria asal Bandung, Jawa Barat ini menawarkan konsep mobility startup (Banopolis) bagi pengguna jasa transportasi yang ingin mengaksesnya secara mudah, lengkap dan cepat. 

"Jalanan makin padat. Padahal kita enggak mau repot menghadapi macet. Memilih moda transportasi online juga tak mengatasi masalah kemacetan. Belum lagi transportasi umum yang belum terintegrasi. Konsep saya, mengatasi masalah tersebut dengan menggabungkan sejumlah moda transportasi yang bisa diakses mudah melalui platform," katanya kepada wartawan usai ia menjalani final presentasi.

Pria yang menjabat CEO Banopolis, yakni sebuah perusahaan konsultan perencanaan transportasi ini, melihat sebagian besar daerah di Indonesia belum mengintegrasikan moda transportasinya. Ini menjadi kendala tersendiri. Meski di kota besar memiliki pada umumnya moda transportasi umum, namun belum bisa memuaskan keinginan pengguna jasa transportasi, akomodasi dan kebutuhan bepergiannya dalam satu genggaman. 

"Misalnya mau pergi ke Prambanan. Naik apa, akan ada pilihan bus, lalu pilihan informasi moda integrasinya. Sampai ke tiket masuk candi. Integrasi moda generasi ketiga ini yang akan dikembangkan," katanya. 

Selain dirinya, masih ada 12 finalis lagi yang tak kalah visioner. Antara lain I Gede Dangin asal DIY yang mengembangkan sepeda listrik berbasis aplikasi, Mega Siswindarto asal Surabaya yang memproduksi aneka brownies dan cake, serta Wndi Pratama asal Jakarta yang membantu para enterpreneur dan profesional muda untuk mengembangkan bisnis dan karirnya. Masing-masing diberi waktu presentasi 20 menit di hadapan para juri. Mereka memperebutkan hibah modal usaha Rp 2 miliar. 

Sebagaimana diberitakan, program DSC|X bertujuan mencetak prestasi wirausaha. Ini merupakan aksi nyata Wismilak Foundation untuk memajukan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). (Lim) 
 

BERITA REKOMENDASI