Di Hari Ibu, Pelajar Basuh Kaki Ibunda

KARANGANYAR, KRJOGJA.com -Rasa haru dan isak tangis mengiringi prosesi basuh kaki dan sungkem di Hari Ibu yang berlangsung di halaman SMKN Jenawi, Minggu (22/12). Para siswa yang menginjak remaja menghaturkan baktinya dalam kesempatan itu.

Masing-masing pelajar membawa satu baskom berisi air kembang. Air itu dibasuhkannya perlahan ke kaki kanan dan kiri ibundanya yang duduk di kursi. Wanita yang melahirkannya itu memperhatikan seksama putra putrinya yang sedang berbakti. Tak terasa air mata meleleh membasahi pipi ibu dan buah hatinya yang menginjak remaja. 

"Di Hari Ibu, kita ingin menunjukkan pentingnya seorang ibu bagi anak-anaknya. Begitu besar pengorbanan seorang ibu mulai mengandung, melahirkan sampai membesarkan anak. Pendidikan budi pekerti ini yang ingin kami perlihatkan," kata Kepala SMKN Jenawi, Sri Eka Lelana kepada wartawan 

Basuh kaki ibu dilakukan 10 siswa dan siswi perwakilan. Suara isak tangisnya memancing para siswa lain yang tak berkesempatan menghadirkan ibundanya di kesempatan itu. 
Seorang orangtua siswa kelas XII, Hartutik berwajah sembab usai menangis haru. Ia menggandeng putrinya, Amara. 

"Sangat berterima kasih diadakan acara Hari Ibu di sekolah. Terharu sekali. Semoga pengabdian putri saya dibalas kebaikan. Menjadi orang berguna bagi nusa, bangsa dan agama," tuturnya.

Agenda Hari Ibu di SMKN Jenawi dilanjut kegiatan parenting. Orang tua siswa, peserta didik dan guru membuka forum diskusi. (Lim)

 

BERITA REKOMENDASI