Di Karanganyar, Jebakan Tikus Beraliran Listrik Telan Korban Jiwa

Editor: KRjogja/Gus

KARANGANYAR, KRjogja.com – Seorang remaja asal Dukuh Rt 04/Rw II Desa Jati, Jaten, Bagas Pamungkas (16) tewas akibat tersengat aliran listrik jebakan tikus di areal persawahan wilayah Desa Suruhkalang, Jaten, Jumat (5/3) pukul 19.30 WIB. Peristiwa ini menimbulkan spekulasi mulai dipakainya lagi cara ilegal dan berbahaya itu untuk memberantas hama pertanian.

Korban meninggal dunia dalam perjalanan menuju RS PKU Muhammadiyah Karanganyar pada Jumat malam. Ia tersengat aliran listrik di sawah saat berniat buang air kecil. Untaian kawat setrum yang seharusnya menjebak tikus, tanpa sengaja tersenggol tubuhnya.

“Suara teriakan korban mengagetkan dua temannya yang sedang di pos ronda. Saat mendekati lokasi, mereka menyadari korban tersengat listrik. Kemudian meminta tolong warga lain mematikan alirannya agar bisa menolong korban,” jelas Kapolsek Jaten Iptu Achmad Riedwan Prevoost, Sabtu (6/3).

Sumber aliran listrik berasal dari sebuah rumah berjarak 100 meter dari sawah tersebut. Usai aliran listrik dimatikan, korban sempat tertatih menjauhi lokasi. Sesampainya di pos ronda, ia jatuh pingsan. Pertolongan selanjutnya dengan membawanya ke RS PKU Muhammadiyah, namun sesampainya di rumah sakit, ia dinyatakan sudah meninggal dunia.

“Informasinya, korban terpeleset di sawah. Padahal sawah itu dipasang jebakan tikus aliran listrik. Sesampainya di rumah duka, korban langsung dimakamkan,” katanya.

Kasus ini sedang diselidiki pihak kepolisian. Menurut Prevoost, pemilik sawah belum lama memasang jebakan itu.

BERITA REKOMENDASI