Di Karanganyar, Muncul RT Endemis DBD

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar menyatakan muncul wilayah endemis Demam Berdarah Dengue (DBD) tingkat RT di Kecamatan Colomadu. Di Rt ini, kasusnya berulangkali terjadi.

Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak menular dan Kesehatan Jiwa, Bidang Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Karanganyar, Sri Winarno mengatakan lokasinya berada di Dusun Japanan, Desa Baturan, Colomadu. Fogging telah dilakukan usai kasus DBD terakhir kali terdeteksi.

Selama Desember 2020 ada 3 kasus demam berdarah di Japanan. Sebelum dilakukan fogging,terlebih dahulu dilakukan penyelidikan epidemologis (PE). Hasil PE-nya memperlihatkan ditemukan banyak jentik di bekas kandang burung, ban, botol, kaleng sekitar rumah penduduk.

”Kemarin sudah dilakukan PE, mengitung angka bebas jentik. Saya baru turun di satu titik sudah langsung ketemu banyak jentik di titik kedua juga banyak. Sudah langsung (fogging). kita tidak usah banyak-banyak rumah diperiksa, kita ambil 2 sample saja, positif semua, langsung (fogging),’’kata Sri Winarno, Rabu (20/1).

BERITA REKOMENDASI