Di Ngrawan Gondangrejo Karanganyar, Gas Alam Muncul Bersamaan dengan Air Asin

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Semburan air berasa asin yang keluar dari bekas galian sumur artesis di Dukuh Ngrawan Desa Krendowahono Gondangrejo dibarengi keluarnya gas alam. Potensinya belum dimanfaatkan secara maksimal. Pemilik lahan, Solihin mengatakan gas alam secara tak sengaja dari pengeboran sumur dalam pada September 2020 lalu.

“Pengeboran berkedalaman 120 meter pada September 2020 tersebut tak dilanjutkan karena air yang keluar berasa asin. Selain itu, muncul gas alam. Air dan gas keluar nonstop. Jika disulut dengan api, juga enggak akan padam jika tak dimatikan,” katanya, Minggu (21/3/2021).

Usai mengetahui pengeborannya tak bisa dilanjutkan, Baznas Karanganyar selaku pemrakarsa pembuatan sumur artesis tak bisa berbuat banyak. Solihin juga hanya bisa pasrah dengan kemunculan mata air. Ia mempersilakan warga memanfaatkannya untuk terapi. Sebagian masyarakat percaya air itu manjur menyembuhkan penyakit kulit seperti gatal-gatal dan sakit tenggorokan. Solihin membuat sebuah saung di atas mata air itu yang terletak disamping rumahnya.

“Kalau diminum enggak layak. Kadang ada yang ambil airnya buat terapi. Air mengandung belerang dingin dan zat kapur. Sudah pernah diambil sampelnya oleh pemerintah provinsi, dinas ESDM. Tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI