Di Solo, Tanpa Masker Dihukum Bersihkan Sungai

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Gara-gara tidak pakai masker, sedikitnya 50 orang pengguna jalan kawasan Jalan Adi Sucipto, Solo, “dihukum” membersihkan sampah di Kali Toklo yang merupakan anak sungai Kali Pepe, Solo,
Jumat ( 11/9/2020).

Puluhan orang itu terjaring operasi yustisi gabungan Polresta Solo dan Satpol Pamong Praja (PP) Kota Surakarta di depan plasa Stadion Manahan.

Sanksi “nyemplung kali” dan bersih bersih sampah di sejumlah sungai dalam kota Solo, sebelumnya sudah dimaklumatkan Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo, sebagai bentuk penertiban dan pendisiplinan warga untuk mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 yang masih mengganas ini.

“Ini bukan bentuk arogansi Pemkot Solo, namun sebagai upaya penyadaran, karena wabah Covid-19 masih memprihatinkan, hingga perlu disikapi secara disiplin oleh warga, supaya penyebaran bisa ditekan dan tidak meluas. Pemkot Solo, tidak akan memberikan sanksi denda atau menyita Kartu Tanda Penduduk (KTP), ” ujar Walikota Solo Rudy kepada wartawan, Jumat (11/9/2020).

Begitu terjaring razia, para pelanggar Inpres nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 itu dinaikkan ke truk Satpol PP, dan dibawa ke Kali Pepe di Kampung Keprabon, Solo.

BERITA REKOMENDASI