Di Sukoharjo, 2.874 Kasus Kontak Erat Isolasi Mandiri

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRJOGJA.com – Kontak erat virus Corona tembus angka diatas 11.000 kasus sekarang terakumulasi 11.028 kasus. Sebanyak 2.874 kasus menjalani isolasi mandiri dan perlu pengawasan ketat melibatkan keluarga dan warga lingkungan setempat. Sedangkan data isolasi mendiri positif virus Corona sekarang diketahui terakumulasi 197 kasus.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo Yunia Wahdiyati, Minggu (21/2) mengatakan, data per 20 Februari kasus kontak erat virus Corona sudah tembus diatas 11.000 kasus. Akumulasi sekarang 11.028 kasus tersebar di 12 kecamatan. Rincian data tersebut yakni, 59 kasus baru dan 10.969 kasus lama. Dari data tersebut diketahui 2.874 kasus isolasi mandiri dan 8.154 kasus selesai pemantauan.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona Sukoharjo memberi catatan terhadap 59 kasus kontak erat baru. Sebab data tersebut juga disertai kasus positif virus Corona temuan baru menular kepada warga. Kasus baru tersebut sudah mendapat penanganan dari petugas.

Catatan juga diberikan kepada 2.874 kasus kontak erat menjalani isolasi mandiri. Sebab angkanya cukup besar lebih dari 2.000 kasus dan perlu pengawasan ketat dari petugas dengan melibatkan sejumlah pihak.

Isolasi mandiri dilakukan kontak erat di rumah dan perlu mendapat pengawasan dari warga dilingkungan setempat. Mereka dilarang keluar rumah sebelum dinyatakan sehat oleh dokter. Hal itu dilakukan agar para kontak erat cepat sehat dan tidak menularkan virus Corona ke orang lain.

“Ada 2.874 kasus kontak erat sedang menjalani isolasi mandiri dan ada 59 kasus kontak erat baru. Perlu pengawasan ketat bersama melibatkan semua pihak termasuk warga dilingkungan setempat. Jangan sampai ada pelanggaran protokol kesehatan dimana kontak erat yang sedang isolasi mandiri keluar dan beraktivitas bertemu orang lain,” ujarnya.

Akumulasi kontak erat sendiri dalam beberapa hari terakhir mengalami kenaikan signifikan. Hal itu terjadi karena penambahan kasus positif virus Corona.

“Akumulasi kasus positif virus Corona sebanyak 4.518 kasus dengan rincian, 197 kasus isolasi mandiri, 156 kasus rawat inap, 3.851 kasus sembuh dan selesai isolasi mandiri dan 314 kasus meninggal,” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI