Digelar Secara Transparan, Bupati Sukoharjo Serahkan Seleksi Sekda Pada Pansel

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO, KRjogja.com – Bupati Sukoharjo Etik Suryani menyerahkan sepenuhnya proses seleksi terbuka posisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo pada panitia seleksi (Pansel) independen. Sebab semua tahapan sudah dijalankan sepenuhnya oleh Pansel. Meski demikian, bupati berharap Sekda Sukoharjo definitif nanti memiliki tiga kriteria yakni pintar, jujur dan loyal.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Kamis (15/4/2021) mengatakan, pihaknya tidak akan ikut campur dalam tahapan seleksi terbuka pengisian kekosongan posisi jabatan Sekda Sukoharjo. Sebab semua proses telah diserahkan sepenuhnya oleh Pemkab Sukoharjo kepada Pansel independen. Bupati hanya memantau untuk memastikan tahapan sudah berjalan dan tidak ada kendala. Pemkab Sukoharjo berharap pengisian Sekda Sukoharjo definitif segera selesai mengingat posisi jabatan telah lama kosong.

Pansel dikatakan bupati memiliki tugas besar dalam seleksi terbuka pengisian jabatan Sekda Sukoharjo. Pemkab Sukoharjo telah membentuk Pansel terdiri dari berbagai unsur seperti dari akademisi dan tokoh masyarakat.

Etik Suryani berharap tahapan seleksi terbuka pengisian jabatan Sekda Sukoharjo benar-benar transparan dan mendapatkan calon terbaik. Minimal kemampuannya sama dengan mantan Sekda Sukoharjo Agus Santosa yang memiliki komitmen pelayanan dan loyalitas tinggi, dan manajerial keuangan.

“Tahapan seleksi jabatan Sekda Sukoharjo kami serahkan sepenuhnya pada Pansel. Harapannya nanti bisa dapat Sekda Sukoharjo yang memenuhi tiga kriteria pintar, jujur dan loyal,” ujarnya.

Pengisian jabatan Sekda Sukoharjo mendesak dilakukan karena pentingnya peran dalam pemerintahan. Pemkab Sukoharjo berharap kekosongan tersebut bisa segera terisi secepatnya.

“Sekda memiliki posisi strategis sebagai ketua tim anggaran pemerintah daerah (TAPD). Sekda Sukoharjo definitif nanti harapannya bisa menguasai manajerial keuangan daerah,”” lanjutnya.

BERITA REKOMENDASI