Digital Tourism, E-Ticketing Masuk Candi Dukung Transparansi

Launching e-ticketing bersamaan aplikasi sistem informasi data elektronik olahraga kepemudaan dan kepariwisataan (Sidenokk). PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) menyajikan data transaksi secara real time.

“Sidenokk lebih ke informasi payment. Mengurangi kebocoran pada PAD dan memberi efisiensi pengelolaan dibanding secara manual. Kalau nontunai, enggak perlu lagi setor ke bank. Di masa new normal ini membantu pengelolaan sektor pemasukan pemerintah daerah,” kata Co-Founder&CEO MKP Mobile Nicholas Anggada.

Sedangkan Assistant Vice President Bank Mandiri Leonardus Sri Pamungkas mengatakan pemerintah daerah didorong mengembangkan pengelolaan ke digitalisasi. Termasuk pengelolaan pariwisata. Di wilayah Soloraya, kemitraan perusahaannya telah diterima Pemkot Solo dan Pemkab Karanganyar.

“Pandemi Covid-19 ini, ter-triger ke digitalisasi. Ini satu imbas positifnya,” katanya.

Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan e-ticketing dan sistem Sidenokk potensial merambah ke berbagai obyek lain milik pemerintah dan swasta.

“Pada 2021, Karanganyar memasuki smart city. Memang waktunya berbagai inovasi diterapkan. Pemerintah juga berusaha menekan kebocoran-kebocoran pendapatan,” katanya. (Lim)

BERITA REKOMENDASI