Dijamin Bebas Antraks, PNS Sragen Sarapan Bareng Daging Sapi

SRAGEN (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menjamin ternak yang dikirim ke sejumlah daerah untuk kurban, bebas dari penyakit antraks. Wilayah Sragen dipastikan sudah bebas dari endemis antraks sejak beberapa tahun terakhir.

Guna meyakinkan hewan ternak asal Sragen aman dikonsumsi, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) bersama seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) menggelar sarapan bersama dengan menu daging sapi di halaman Setda Sragen, Selasa (30/8/2016).

"Kami ingin menunjukkan bahwa ternak dari Sragen aman dikonsumsi dan bebas antraks. Semua menu yang disajikan berasal dari daging sapi asli Sragen," ujar Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat menyantap soto daging sapi.

Menurut Yuni, pemberitaan di berbagai media yang menyoroti ternak dari Sragen yang endemis antraks dinilai tidak fair. Terkesan daerah lain menyudutkan Sragen tanpa melihat dulu perkembangan di lapangan. "Silakan datang ke Sragen melihat langsung lalulintas ternak," jelasnya.

Selama ini, lanjut Yuni, wilayah Sragen sudah terbebas dari penyakit antraks. Terakhir kasus antraks ditemukan pada tahun 2011 lalu dan setelah itu tidak ada lagi. "Kami jamin ternak dari Sragen sudah bebas antraks. Berbagai upaya telah kami lakukan menjaga kesehatan ternak," tandasnya. (Sam)

BERITA REKOMENDASI