Dijatah 122 PPPK, Guru Wiyata Bakti Berpeluang Lebih Besar

KARANGANYAR, KRJOGJA.com – Terbuka kesempatan lebih besar bagi guru wiyata bhakti menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kini, Pemkab Karanganyar sedang menunggu petunjuk pelaksana teknis perekrutannya.

Sekretaris Daerah Pemkab Karanganyar, Sutarno mengatakan hal itu kepada KR

di sela kesibukannya, Jumat (27/11). “Menteri PAN RB sudah menetapkan formasi PPPK untuk Kabupaten Karanganyar. Kebanyakan formasi guru. Memang belum ada petunjuk pelaksana teknis kepiutusan menteri, namun bagi guru WB terbuka kesempatan lebih besar direkrut. Apakah nanti ada syarat khusus atau pelamar umum bisa mendaftar, kita belum tahu. Dalam waktu dekat akan diturunkan petunjuk untuk itu,” katanya.

Di Karanganyar, jumlah guru wiyata bakti (WB) tidaklah sedikit. Bahkan sudah mengabdi lama sampai hampir memasuki usia pensiun. Kesempatan mereka mengikuti CPNS tertutup karena faktor usia. Berdasarkan Keputusan Menpan RB No 403 tahun 2020 tentang Penetapan Kebutuhan PPPK di Lingkungan Pemkab Karanganyar tahun 2020 tersedia 122 lowongan. Dari jumlah itu41 diantaranya guru SD dan SMP. Sedangkan sisanya pekerja profesional di Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan. “Kemungkinan besar mulai perekrutan tahun 2021. Gaji PPPK ditentukan pemerintah pusat yang sekaligus membayarnya. Mereka ini dikontrak kerja dalam kurun waktu tertentu,” katanya.

BERITA REKOMENDASI