Diluar Dugaan, Jumlah Pelamar CASN Sragen Minim

SRAGEN, KRJOGJA.com – Jumlah pelamar calon aparat sipil negara (CASN) Kabupaten Sragen sampai batas akhir penutupan pendaftaran, tercatat hanya sebanyak 3.258 orang. Jumlah pelamar tersebut di luar prediksi dan terhitung paling sedikit bila dibandingkan kabupaten/kota di Soloraya, Blora, dan Grobogan.  

Dari 505 kuota lowongan yang tersedia, ada 21 lowongan yang masih nol pelamar. Selain itu, dari 32 kuota untuk tenaga honorer, baru ada 23 pelamar. Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sragen, Sarwaka Rabu (17/10/2018) mengatakan, sejauh ini belum bisa disampaikan data hasil verifikasi berkas administrasi 3.258 pelamar tersebut. Dia menyampaikan masih ada 132 pelamar CASN yang masih proses verifikasi administrasi. 

Menurut Sarwaka, hasil verifikasi administrasi kemungkinan baru bisa disampaikan dalam satu atau dua hari ke depan setelah mendapat persetujuan dari Bupati Sragen. "Jadi pelamar yang memenuhi syarat (MS) dan tidak memenuhi syarat (TMS) belum bisa disampaikan karena masih proses verifikasi," ujarnya.

Sarwaka menjelaskan, pada beberapa hari sebelum penutupan pendaftaran masih ada 47 kuota yang belum ada pelamarnya. Sampai penutupan pendaftaran pada Senin (15/10) pukul 24.00 WIB, masih ada lowongan yang tidak ada pelamarnya, yakni dokter spesialis, disabilitas, dan guru honorer. "Faktornya memang banyak kenapa pelamarnya minim. Salah satunya ketentuan indeks prestasi kumulatif (IPK) minimal 2,75, ada juga batasan usia maksimal 35 tahun. Tetapi juga ada satu lowongan dilamar lebih dari 200 orang," jelas Sarwaka.

Secara kumulatif, jumlah pelamar CASN di Sragen memang paling minim bila dibandingkan daerah lain di Soloraya. Solo tercatat ada 7.400 pelamar, Karanganyar 5.378 pelamar, Wonogiri 6.614 pelamar, dan Grobogan ada 5.962 pelamar.

Ditambahkan Sarwaka, minimnya pelamar dokter spesialis itu disebabkan faktor umur, karena jarang ada dokter spesialis yang umurnya di bawah 35 tahun. Awalnya sempat muncul wacana regulasi menambah batasan umur untuk dokter spesialis sampai 40 tahun. Namun, sampai hari terakhir pendaftaran, perubahan regulasi tersebut tidak terbit.(Sam)

BERITA REKOMENDASI