Din Syamsamsuddin: Kabinet Jokowi Jilid 2 Harus Lebih Baik

Editor: KRjogja/Gus

SOLO, KRJOGJA.com – Mantan ketua PP Muhammadiyah, Dien Syamsudin berharap kabinet Joko Widodo jilid 2 harus lebih baik dari periode sebelumnya.

"Dalam menyusun kabinet jangan tersandera oleh kepentingan kepentingan partai politik,. Tapi harus berdasar pada keahlian dan profesional," kata Prof Dr Din Syamsuddin di kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Selasa (14/8).

Mantan ketua PP Muhammadiyah ini memahami begitu sulitnya Jokowi harus mengakomodasi kepentingan partai politik yang ikut mendukung. Namun kalau berdasar pada keahlian dan profesional, fiqur yang disodorkan parpol harus sebagai putra putra terbaik bangsa. Mereka punya wawasan luas untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Tidak hanya memikirkan kepentingan partai," ujar Prof Din. Karena berbagai permasalahan dan tantangandewasa ini ini menuntut adanya pemerintahan yang lebih baik. Kerja dan kinerja Jokowi perlu didukung oleh pembantu pembantu yang punya kapabilitas dan ntegritas yang bersifat melayani.

Kalau masing-masing parpol meminta jatah menteri menteri, ia mrmbayangkan kinerja pemerintah mendatang akan tersandera oleh kepentingan kepentingan partai politik dan itu tidak baik bagi Indonesia. Karena banyak menteri dari partai politik selama ini  kurang berorientasi untuk bekerja dan mengabdi untuk bangsa dan negara. Ia lebih banyak mengabdi untuk partainya.

Prof Din meminta Jokowi tidak mengangkat pejabat yang menghalangi kontribusi Muhammadiyah bagi bangsa dan negara. Ini disampaikan karena dulu pernah terjadi menghalangi Muhammadiyah yang rugi adalah bangsa dan negara, bukan Muhammadiyah. (Qom)

 

 

UMS

BERITA REKOMENDASI