Dinas Kesehatan Jateng Uji Makanan di Terminal Tirtonadi

SOLO, KRJOGJA.com –  Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melakukan uji laboratorium makanan dan minuman serta persediaan air bersih di Terminal Bus Tipe A Tirtonadi Solo. Uji laboratorium dengan mengambil sample berbagai jenis makanan dan minuman yang disajikan warung di dalam Terminal Tirtonadi itu, terkait dengan persiapan Lebaran.

Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan, Kerja dan Olahraga, Dinas Kesehatan provinsi Jateng, Danny Setyawan, menjaab wartawan di sela pengambilan sample di Terminal Bus Tipe A Tirtonadi, Kamis (9/5), mengungkapkan, persiapan menghadapi Lebaran tak saja sebatas pada persoalan transportasi umum, tetapi juga kesehatan makanan dan minuman. Dengan begitu, aspek aman dan nyaman tak saja menyangkut keselamatan dalam perjalanan, tetapi juga kesehatan masyarakat pengguna jasa transportasi umum, maupun kru armada bus.

Pada musim mudik dan balik Lebaran nanti, tambahnya, dipastikan mobilitas masyarakat di terminal akan meningkat tajam. Kondisi seperti itu, masyarakat tentu akan memanfaatkan warung-warung di terminal sebagai tempat makan dan minum. Karenanya perlu jaminan makanan dan minuman yang dijajakan pedagang tersebut cukup sehat untuk dikonsumsi, sehingga mereka dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman.

Pengambilan sample jenis makanan dan minuman, cukup beragam dan mewakili seluruh komoditas yang dijual di terminal, seperti makanan gorengan, sayur, minuman saji, makanan dan minuman kemasan, dan sebagainya. Tahun lalu, pihaknya juga melakukan uji laboratorium di Terminal Bus Tipe A Tirtonadi, dan waktu itu tidak ada temuan. 

"Mudah-mudahan tahun ini juga nihil, sehingga seluruh makanan dan minuman yang dijual di Terminal Tirtonadi dari sisi kesehatan relatif terjamin," ujarnya. (Hut)

BERITA REKOMENDASI