Dinsosnakertrans Beri Rekomendasi 18 Calon TKI

KARANGANYAR (KRjogja.com) – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar memberi rekomendasi penempatan 180 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di sejumlah negara tetangga. Para lulusan SMA/SMK sederajat dan perguruan tinggi ini direkrut perusahaan manufaktur dan asisten rumah tangga.

Sekretaris Dinsosnakertrans Karanganyar, Mei Subroto mengatakan para calon TKI itu telah memperoleh dokumen perjalanan dan izin tinggal keperluan bekerja di negara asing sesuai rekomendasi dari Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) resmi. Di Dinsosnakertrans Karanganyar, 180 calon TKI itu tercatat berdasarkan rekaliputasi registrasi negara penempatan mulai 1 Januari-13 Sempember 2016. 

"Paling banyak di Taiwan sebanyak 76 orang dan paling sedikit di Brunai Darussalam hanya dua orang. Lainnya ditempatkan di Malaysia, Singapura dan Hongkong. Dengan rekomendasi itu, masing-masing dipastikan sudah mengantongi paspor dan dokumen lainnya. Kebanyakan lulusan sekolah kejuruan, meski ada sebagian sarjana,” katanya, Kamis (15/9).

Jumlah calon TKI asal Karanganyar terekomendasi Pemkab itu, 88 orang akan bekerja menjadi asisten rumah tangga dan 92 orang di pabrik manufaktur. Sejauh ini, penyalur tenaga kerja mereka belum menginformasikan jadwal berangkat para TKI ke luar negeri. Biasanya, para TKI berangkat ke luar negeri maksimal tiga bulan setelah memperoleh rekomendasi. (R-10)

BERITA REKOMENDASI