Direnovasi, Monumen Pers Solo Pikat Milenial

SOLO, KRJOGJA.com – Ruang pamer Monumen Pers Nasional (MPN) Solo kini tak lagi terkesan suram dan gelap. Tempat menyimpan koleksi benda yang terkait dengan perjuangan pers ini semakin cantik dan canggih. Penataan itu dalam upaya agar ke depan MPN mampu memikat generasi milenial.

“Ini ada renovasi tahap pertama. Tahun ini akan dilanjutkan renovasi tahap kedua. Penataan berbasis teknologi kekinian agar Monumen Pers Nasional menarik milenial,” jelas Prof Dr Widodo Muktiyo MCom, Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Jumat (14/2).

Menurut Prof Widodo masyarakat sudah bisa menikmati hasil renovasi tahap pertama, setelah soft launching. Orientasi MPN tidak sekedar menjadi dokumen tempat-tempat menyimpan barang-barang sejarah, tapi juga menjadi tempat untuk edukasi buat segenap masyarakat. “Tidak saja edukasi, tapi bagaimana agar masyarakat bisa berekreasi di sini.”

Prof Widodo menyatakan bangga kini MPN sudah bisa mencapai hal tersebut. Karena masyarakat harus memahami pentingnya pers dalam perjuangan merebut kemerdekaan. Nilai historisnya yang begitu tinggi sehingga masyarakat harus tahu detail terkait dengan MPN.

Dengan begitu para milenial pun akan ikut bersemangat datang ke MPN untuk mengetahui berbagai informasi terkait dengan sejarah pers di Indonesia. “Kita dari kominfo ini ingin merevitalisasi yang juga melahirkan kembali pcmahaman monumen yang modem museum yang modern dan bcrcita rasa milenial juga,” pungkasnya. (Qom)

BERITA TERKAIT