Disabilitas, Lanjut Usia dan Milenial Padati Diskusi Pemilu

SOLO, KRJOGJA.com – Sekitar 200 orang dari kalangan pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih  milenial  juga  pemilih  lanjut usia memadati diskusi Pemilu 2019 yang digelar di Museum Monumen Pers Solo, Jalan Gajah Mada, Solo,
Sabtu (16/2/2019).

Diskusi Pemilu ini digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Museum Monumen Pers Solo.

Direktur Informasi dan Komunikasi, Polhukam, Kemkominfo, Bambang Gunawan didampingi Ketua Panitia Festival Pers Nasional 2019, Widodo Hascahyo yang juga menjabat sebagai
Kepala Monumen Pers Nasional (MPN)  Solo , Sabtu (16/2/2019) di MPN Solo, mengatakan diskusi ini ditujukan bagi pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih pemula termasuk kalangan milenial dan juga untuk pemilih yang sudah lanjut usia. 

"Diskusi yang dihadiri sekitar 200 orang dari kalangan pemilih perempuan, penyandang disabilitas, pemilih  milenial dan juga untuk pemilih yang sudah lanjut usia ini ditujukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 mendatang. "ujarnya.

Bambang Gunawan menambahkan
 kegiatan ini sebagai realisasi dari kerja sama Kemkominfo, Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan juga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terkait pelaksanaan Pemilu serentak. "Kemkominfo membantu KPU dan Bawaslu untuk menyosialisasikan kepada masyarakat agar Pemilu bisa berjalan lancar," paparnya.

Di samping itu, kegiatan yang merupakan rangkaian kegiatan Festival Pers ini juga diharapkan bisa mencapai target KPU dengan tingkat partisipasi mencapai 77,5 persen. "Diharapkan dengan dihadirkannya para penyandang disabilitas dalam kegiatan ini  mereka juga bisa mendapatkan fasilitas yang layak. "ujarnya.

Bambang menambahkan setelah mengikuti diskusi ini,  diharapkan, para peserta bisa menyosialisasikan kembali kepada keluarganya dan masyarakat. "Sehingga, tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilu bisa meningkat."ujarnya.

Sementara Ketua Panitia Festival Pers Nasional 2019, Widodo Hascahyo mengatakan,  Pemilu merupakan momen yang bersejarah. Maka dari itu, Monumen Pers Nasional  ikut ambil bagian dalam menyukseskan Pemilu mendatang. 

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Solo Budi Wahyono mengatakan mendekati Pemilu 2019, media sosial diwarnai berbagai ujaran kebencian yang tersebar. "Diharapkan para pengguna media sosial agar bijak ber medsos. Agar saring terlebih dahulu sebelum menge share berita di medsos,"ujarnya.(Hwa)

BERITA REKOMENDASI