Disnakertrans Sukoharjo Awasi Aktifitas Pekerja Asing

Editor: KRjogja/Gus

SUKOHARJO (KRjogja.com) – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sukoharjo terus melakukan pengawasan terhadap masuknya tenaga kerja asing. Hal itu dilakukan untuk menjaga keseimbangan sekaligus meredam kemungkinan munculnya gejolak dengan tenaga kerja lokal.

 

Kepala Disnakertrans Sukoharjo Rusdiyono, Jumat (22/7) mengatakan, masuknya tenaga kerja asing sudah dipantau secara ketat baik sebelum maupun sesudah adanya masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Di Sukoharjo sendiri tenaga kerja asing tersebar disejumlah perusahaan. Kebanyakan mereka berasal dari perusahaan besar.

“Tenaga kerja asing jelas sudah terdata dan diketahui lokasi bekerjanya. Sampai sekarang jumlahnya tidak terlalu banyak seperti yang dikhawatirkan,” ujar Rusdiyono.

Para tenaga kerja asing kebanyakan bekerja dibidang tekstil, garmen, perhotelan, farmasi, makanan dan minuman. Mereka bekerja dengan melalui proses pengajuan izin resmi dari masing masing perusahaan. “Terus kami pantau agar jangan sampai tidak menyebabkan terjadinya gejolak di lapangan dengan pekerja lokal,” lanjutnya. (Mam)

 

BERITA REKOMENDASI